Shaill’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Sekilas Perkembangan Bayi August 25, 2008

Filed under: Berita — shaill @ 1:21 pm


Sekilas Perkembangan Janin dalam Rahim

Foto-foto di bawah ini menunjukkan perkembangan janin sesuai usia kandungan:

Janin usia Delapan Minggu

Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk meskipun belum berkembang sempurna. Mata dan telinga mulai terbentuk. Jantung berdetak kuat. Dengan ultrasound kita dapat melihat jantung janin berdenyut.

Janin usia Duabelas Minggu

Panjang janin sekarang sekitar 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18 gram. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

Janin usia Enambelas Minggu

Panjang janin sekarang sekitar 16 cm dan bobotnya sekitar 35 gram. Dengan bantuan scan, kita dapat melihat kepala dan tubuh bayi, kita juga dapat melihatnya bergerak-gerak. Ia menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak. Inilah tahap paling awal di mana ibu dapat merasakan gerakan bayi. Rasanya seperti ada seekor kupu-kupu dalam perutmu. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir jika belum dapat merasakan gerakan ini. Jika si bayi adalah anak pertama, biasanya ibu agak lebih lambat dalam merasakan gerakannya.

Janin usia Duapuluh Minggu

Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm, yaitu separuh dari panjangnya ketika ia dilahirkan nanti dan bobotnya sudah sekitar 340 gram. Bayi membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin ibu memperhatikan ada saat-saat di mana bayi tampaknya tidur, dan saat-saat lain di mana ia melakukan banyak gerak.

Janin usia Duapuluh Empat Minggu

Sekarang panjang bayi sekitar 32 cm dan bobotnya 500 gram. Ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayi yang berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perutnya.

Janin usia Tigapuluh Minggu

Kepala bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mungkin mengalami tekanan di bagian diafrakma dan perut. Sekarang bobot bayi sekitar 1700 gram dan panjangnya sekitar 40 cm.

Janin usia Tigapuluh Enam Minggu

Bayi sudah hampir sepenuhnya berkembang. Sewaktu-waktu ia dapat turun ke rongga pinggul ibu. Kulit bayi sudah halus sekarang dan tubuhnya montok. Apabila ia bangun, matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Sekarang panjang bayi sekitar 50 cm dan bobotnya berkisar antara 2500 hingga 4500 gram.

Janin usia Tigapuluh Tujuh hingga Empatpuluh Dua Minggu

Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya. Sebagian bayi lahir agak terlalu cepat, sebagian lainnya agak sedikit terlambat, tetapi mereka sungguh lahir! Baiklah, selamat berbahagia dan bersukacita atas kelahiran si mungil di tengah-tengah kita!


NB:Duhai anak ku, usia kandungan ummi kalian sekarang menginjak 18 minggu. Jangan buat ummi kalian rewel yah, kasian tuh umminya sekarang sedang pusing dan eneg lagi (padahal kemarin udah gak). Daripada bikin ummi kalian pusing dan eneg mending kelitikin aja perut umminya atau tendang2 supaya kami senang melihat perkembangan kalian berdua di perut ummi. Nak, jika engkau sudah ditiupkan RUH kalian jadilah anak-anak yang soleh yah, berbakti sama kedua orang tua, selalu mendirikan shalat 5 waktu, taat pada perintah Alloh dan menjadi anak-anak yang cerdas serta berbudi pekerti luhur. Yaa Alloh lindungilah isteriku yang sedang hamil dan kedua anakku didalam kandungannya, sehatkanlah selalu mereka ketiganya, lancarkanlah proses kehamilannya hingga nanti menjelang kelahirannya. Yaa Alloh, terima kasih atas karunia dan rezeki yang Engkau berikan kepada kami berupa keturunan yang baik. Rabbanna Hablaana Min Azwaajina Waa Dzuriyatina Qurratta ‘Ayyun Waj’alna Lil Muttaqiina Immaammaa….Rabbi Hablii Minna Shoolihiin…Rabbi Habli Minna Sholati Waa Min Dzuriyaati….Amin Yaa Rabbal’ alamiin

 

Tiada Yang Lebih Kejam Selain Aborsi

Filed under: Berita — shaill @ 11:58 am

Pada kehamilan muda (dibawah 1 bulan)

Di usia kehamilan yang relatif muda dan postur tubuh janin masih sangat kecil, aborsi dilakukan dengan cara menggunakan alat penghisap (suction). Sang anak yang masih sangat lembut langsung terhisap dan hancur berantakan. Saat dikeluarkan, dapat dilihat cairan merah berupa gumpalan-gumpalan darah dari janin yang baru dibunuh tersebut.

gambar-1.jpg

Pada kehamilan lebih lanjut (1-3 bulan)

Pada tahap ini, usia janin baru sekitar beberapa minggu, bagian-bagian tubuhnya mulai terbentuk. Aborsi dilakukan dengan cara menusuk anak tersebut. Kemudian bagian-bagian tubuhnya dipotong-potong dengan menggunakan semacam tang khusus untuk aborsi (cunam abortus). Anak dalam kandungan itu diraih dengan menggunakan tang tersebut, dengan cara menusuk bagian manapun yang bisa tercapai. Bisa lambung, pinggang, bahu atau leher. Kemudian setelah ditusuk, dihancurkan bagian-bagian tubuhnya. Tulang-tulangnya diremukkan dan seluruh bagian tubuhnya disobek-sobek menjadi kecil-kecil agar mudah dikeluarkan dari kandungan.

gambar-2.jpggambar-3.jpg

Dalam klinik aborsi, bisa dilihat potongan-potongan bayi yang dihancurkan ini. Ada potongan tangan, potongan kaki, potongan kepala dan bagian-bagian tubuh lain yang mungil. Anak tak berdosa yang seharusnya dicintai, dipeluk dan disayang kini menjadi potongan daging yang siap dibuang. Ini sangat mengerikan dan tidak manusiawi serta bertentangan dengan ajaran kasih.

Aborsi pada kehamilan lanjutan (3 sampai 6 bulan)

Pada tahap ini, bayi sudah semakin besar dan bagian-bagian tubuhnya sudah terlihat jelas. Jantungnya sudah berdetak, tangannya sudah bisa menggenggam. Tubuhnya sudah bisa merasakan sakit, karena jaringan syarafnya sudah terbentuk dengan baik.

Aborsi dilakukan dengan terlebih dahulu membunuh bayi ini sebelum dikeluarkan. Pertama, diberikan suntikan maut (saline) yang langsung dimasukkan kedalam ketuban bayi. Cairan ini akan membakar kulit bayi tersebut secara perlahan-lahan, menyesakkan pernafasannya dan akhirnya setelah menderita selama berjam-jam sampai satu hari bayi itu akhirnya meninggal. Selama proses ini dilakukan, bayi akan berontak, mencoba berteriak dan jantungnya berdetak keras. Aborsi bukan saja merupakan pembunuhan, tetapi pembunuhan secara amat keji. Setiap wanita harus sadar mengenai hal ini.


gambar-4.jpg

Aborsi pada kehamilan besar (6 sampai 9 bulan)

Pada tahap ini, bayi sudah sangat jelas terbentuk. Wajahnya sudah kelihatan, termasuk mata, hidung, bibir dan telinganya yang mungil. Jari-jarinya juga sudah menjadi lebih jelas dan otaknya sudah berfungsi baik. Untuk kasus seperti ini, proses aborsi dilakukan dengan cara mengeluarkan bayi tersebut hidup-hidup, kemudian dibunuh. Cara membunuhnya mudah saja, biasanya langsung dilemparkan ke tempat sampah, ditenggelamkan kedalam air atau dipukul kepalanya hingga pecah. Sehingga tangisannya berhenti dan pekerjaan aborsi itu selesai. Selesai dengan tuntas hanya saja darah bayi itu yang akan mengingatkan orang-orang yang terlibat didalam aborsi ini bahwa pembunuhan keji telah terjadi.

Semua proses ini sering kali tidak disadari oleh para wanita calon ibu yang melakukan aborsi. Mereka merasa bahwa aborsi itu cepat dan tidak sakit, mereka tidak sadar karena dibawah pengaruh obat bius. Mereka bisa segera pulang tidak lama setelah aborsi dilakukan.

Benar, bagi sang wanita, proses aborsi cepat dan tidak sakit. Tapi bagi bayi, itu adalah proses yang sangat mengerikan, menyakitkan, dan benar-benar tidak manusiawi. Kematian bayi yang tidak berdosa itu tidak disaksikan oleh sang calon ibu. Seorang wanita yang kelak menjadi ibu yang seharusnya memeluk dan menggendong bayinya, telah menjadi algojo bagi anaknya sendiri. Janganlah membunuh buah cinta Anda, peliharalah dia, peluklah dia.

Tolong sebar luaskan sehingga semakin banyak yang tahu dan sadar bahwa aborsi itu adalah pembunuhan…. yang keji!!!!!!!!!!!

 

Daun Sirih (Piper betle) August 21, 2008

Filed under: Jerawat — shaill @ 8:49 am


Tanaman sirih (Piper betle), merupakan tanaman merambat yang dapat mencapai tinggi 15 m. Batangnya berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Ukuran daun sirih adalah 5-8 cm x 2-5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung sekitar 1 mm berbentuk bulat panjang. Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Tumbuhan ini berakar tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan. (Gambar 3.8, halaman 36)

Sirih mengandung minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, karvakol, eugenol, eugenol metil eter, p-cymene, cyneol, caryophyllene, dan cadinene.

Daun sirih bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Khasiat sirih lain adalah mengatasi batuk, sariawan, bronkitis, keputihan, sakit gigi karena berlubang, demam berdarah, bau mulut, haid tidak teratur, asma, gusi bengkak, dan juga jerawat.

Demikianlah pemaparan mengenai jerawat serta tanaman-tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawa

 

Mengkudu (Morinda citrifolia)

Filed under: Jerawat — shaill @ 8:46 am

Mengkudu (Morinda citrifolia) termasuk jenis kopi-kopian. Mengkudu dapat tumbuh secara liar atau di pinggiran kebun rumah di dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8 m. Daunnya bersusun berhadapan, panjang daun 20-40 cm dan lebar 7-15 cm. Bunganya berbentuk bungan bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan variasi trotol-trotol. Bijinya banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah. (Gambar 2.4, halaman 32)

Buah buni tumbuhan mengkudu yang telah masak mempunyai aroma yang tidak sedap, namun mengandung sejumlah zat yang berkhasiat untuk pengobatan. Adapun kandungan zat tersebut antara lain morinda diol, morindone, morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Selain jerawat, mengkudu dapat mengobati hipertensi, sakit kuning, demam, influenza, batuk, sakit perut, dan menghilangkan sisik pada kaki.

 

Minuman Sehat Lidah Buaya, obat jerawat yang mujarab

Filed under: Jerawat — shaill @ 8:43 am

Minuman Sehat Lidah Buaya, obat jerawat yang mujarab

Tanaman lidah buaya buanyaak banget terdapat di lingkungan sekitar kamu. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Karena tanaman ini mudah didapat dan terbukti memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan ga ada salahnya kalau kita manfaatkan untuk pengobatan jerawat kita yang udah kronis banget. Betul ga? Untuk kamu yang jerawatnya biasa-biasa aja atau malah ga punya jerawat tetep bikin minuman ini. Soalnya menurut Dra Erlin Nurtiyani MSi, peneliti dan dosen dari FMIPA Universitas Indonesia, di dalam daging Aloe Vera terdapat 200 kandungan berbeda yang sangat berguna bagi manusia.

Bu Erlin menyebutkan, manfaat lidah buaya sudah dibuktikan sejak empat ribu tahun lampau. Konon, Ratu Cleopatra dan Raja Aleksander Agung pun sering mengonsumsi minuman lidah buaya. “Minuman lidah buaya merupakan minuman eksklusif ratu dan raja,” katanya. Wah minuman kebangsaan nih. Begitu hebatnya khasiat lidah buaya, sehingga tumbuhan yang tepian daunnya berduri serta berdaging lembut itu sering disebut ‘Tanaman Ajaib yang Serba Guna’.

“Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan,” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif.

Lidah buaya mengandung aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloeomodin, aloenin, aloesin dan lain-lain. Sedangkan khasiat lidah buaya antara lain: menyuburkan dan menghitamkan rambut, sebagai pembersih muka, mengatasi jerawat, mengatasi flek hitam, mengatasi ambeien, rematik, diabetes, dan lain lain.

Gel lidah buaya memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antijamur, meningkatkan aliran darah ke daerah yang terluka, dan menstimulasi fibroblast, yaitu sel-sel kulit yang bertanggung jawab untuk penyembuhan luka. Publikasi pada American Podiatric Medical Association menunjukkan bahwa pemberian gel aloe pada hewan percobaan, baik dengan cara diminum maupun dioleskan pada permukaan kulit, dapat mempercepat penyembuhan luka. Menarik nih.

Nah, sekarang cara untuk membuat minuman segar dari daging lidah buaya. Pertama kali kamu harus mempersiapkan daun lidah buaya (iyalah kita kan bikin minuman lidah buaya), trus jeruk nipis, garam dapur, dan gula pasir. Pilih daun yang cukup umur dan tebal. Ciri-cirinya daun ini berwarna hijau tua, bagian tepi daun berduri lunak dan pucat. Cuci bersih daun lidah buaya, kupas kulit daun hijaunya sehingga kelihatan daging buah yang bening segar. Potong daging itu seukuran kubus kecil, jangan kekecilan nanti capek sendiri. Cuci dengan air hingga lendirnya hilang, lalu bilas dengan air bersih.

Kalau kurang bersih nanti kamu sendiri yang bakal ngerasain pahit getirnya lendir lidah buaya. Ga mau kan? Makanya cuci sampe bersih. Didihkan air, masukkan potongan daging lidah buaya, diamkan selama 10 menit. Sesudah itu matikan kompor agar daging lidah buaya tidak lembek. Rendam daging lidah buaya dalam larutan yang terbuat dari satu liter air matang, kemudian tambahkan satu sendok makan perasan jeruk nipis.

Bilas potongan daging daun lidah buaya tadi dengan air matang, lalu tambahkan larutan gula. Simpan selama 2-3 jam di dalam kulkas. Setelah dingin paling enak untuk dimakan. Untuk teman kamu sambil nonton TV. Asik kan bisa bikin minuman enak plus sehat sendiri. Gampang lagi cara bikinnya. Tunggu apalagi. Selamat mencoba.Semoga kita menjadi tambah sehat lagi. Oke

 

Tips Bebas Jerawat

Filed under: Jerawat — shaill @ 8:26 am

Jerawat adalah problem mendasar yang setiap orang pernah merasakannya, baik cewe maupun cowo. Diakui, memang jerawat mengurangi daya tarik wajah sehingga tak sedikit yang rela bolak-balik ke dolter kulit untuk memeriksakan kulit wajah yang timbul jerawat.

Agar tidak parah, jangan suka memencet-mencet jerawat, karena bekasnya bisa meninggalkan kerusakan kulit yang permanen.

Untuk itu, silahkan coba atasi problem jerawat anda dengan mengikuti tips berikut.

Ambil sebuah wadah bersih, lalu masukkan setengah kuning telur, beri 1,5 sendok makan madu, dan aduk hingga rata. Oleskan lotion telur dan madu ini ke permukaan wajah yang berjerawat, biarkan selama 30 menit agar meresap, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sekali sehari sampai wajah terbebas dari jerawat.

Selamat mencoba )

 

Atasi Jerawat dengan Daun Jambu

Filed under: Jerawat — shaill @ 8:17 am

Jerawat selalu menjadi masalah di kalangan semua umur, muda, tua ga pengen ada jerawat. Nah, klo kalian merasa punya jerawat, jangan khawatir, coba tips berikut :

  • Ambillah beberapa helai daun jambu biji yang masih muda, bagian pucuknya.
  • Cuci bersih dan remas-remaslah daun tersebut dengan air
  • Setelah selesai, cucilah muka anda dengan air perasan jambu biji itu
  • Lakukan secara teratur

Mudah-mudahan problem jerawat anda segera teratasi dan wajah anda akan menjadi mulus.