Shaill’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Minuman Sehat Lidah Buaya, obat jerawat yang mujarab August 21, 2008

Filed under: Jerawat — shaill @ 8:43 am

Minuman Sehat Lidah Buaya, obat jerawat yang mujarab

Tanaman lidah buaya buanyaak banget terdapat di lingkungan sekitar kamu. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Karena tanaman ini mudah didapat dan terbukti memiliki khasiat untuk kecantikan dan kesehatan ga ada salahnya kalau kita manfaatkan untuk pengobatan jerawat kita yang udah kronis banget. Betul ga? Untuk kamu yang jerawatnya biasa-biasa aja atau malah ga punya jerawat tetep bikin minuman ini. Soalnya menurut Dra Erlin Nurtiyani MSi, peneliti dan dosen dari FMIPA Universitas Indonesia, di dalam daging Aloe Vera terdapat 200 kandungan berbeda yang sangat berguna bagi manusia.

Bu Erlin menyebutkan, manfaat lidah buaya sudah dibuktikan sejak empat ribu tahun lampau. Konon, Ratu Cleopatra dan Raja Aleksander Agung pun sering mengonsumsi minuman lidah buaya. “Minuman lidah buaya merupakan minuman eksklusif ratu dan raja,” katanya. Wah minuman kebangsaan nih. Begitu hebatnya khasiat lidah buaya, sehingga tumbuhan yang tepian daunnya berduri serta berdaging lembut itu sering disebut ‘Tanaman Ajaib yang Serba Guna’.

“Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan,” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif.

Lidah buaya mengandung aloin, barbaloin, isobarbaloin, aloeomodin, aloenin, aloesin dan lain-lain. Sedangkan khasiat lidah buaya antara lain: menyuburkan dan menghitamkan rambut, sebagai pembersih muka, mengatasi jerawat, mengatasi flek hitam, mengatasi ambeien, rematik, diabetes, dan lain lain.

Gel lidah buaya memiliki aktivitas sebagai antibakteri, antijamur, meningkatkan aliran darah ke daerah yang terluka, dan menstimulasi fibroblast, yaitu sel-sel kulit yang bertanggung jawab untuk penyembuhan luka. Publikasi pada American Podiatric Medical Association menunjukkan bahwa pemberian gel aloe pada hewan percobaan, baik dengan cara diminum maupun dioleskan pada permukaan kulit, dapat mempercepat penyembuhan luka. Menarik nih.

Nah, sekarang cara untuk membuat minuman segar dari daging lidah buaya. Pertama kali kamu harus mempersiapkan daun lidah buaya (iyalah kita kan bikin minuman lidah buaya), trus jeruk nipis, garam dapur, dan gula pasir. Pilih daun yang cukup umur dan tebal. Ciri-cirinya daun ini berwarna hijau tua, bagian tepi daun berduri lunak dan pucat. Cuci bersih daun lidah buaya, kupas kulit daun hijaunya sehingga kelihatan daging buah yang bening segar. Potong daging itu seukuran kubus kecil, jangan kekecilan nanti capek sendiri. Cuci dengan air hingga lendirnya hilang, lalu bilas dengan air bersih.

Kalau kurang bersih nanti kamu sendiri yang bakal ngerasain pahit getirnya lendir lidah buaya. Ga mau kan? Makanya cuci sampe bersih. Didihkan air, masukkan potongan daging lidah buaya, diamkan selama 10 menit. Sesudah itu matikan kompor agar daging lidah buaya tidak lembek. Rendam daging lidah buaya dalam larutan yang terbuat dari satu liter air matang, kemudian tambahkan satu sendok makan perasan jeruk nipis.

Bilas potongan daging daun lidah buaya tadi dengan air matang, lalu tambahkan larutan gula. Simpan selama 2-3 jam di dalam kulkas. Setelah dingin paling enak untuk dimakan. Untuk teman kamu sambil nonton TV. Asik kan bisa bikin minuman enak plus sehat sendiri. Gampang lagi cara bikinnya. Tunggu apalagi. Selamat mencoba.Semoga kita menjadi tambah sehat lagi. Oke

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s