Shaill’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Sekilas Perkembangan Bayi August 25, 2008

Filed under: Berita — shaill @ 1:21 pm


Sekilas Perkembangan Janin dalam Rahim

Foto-foto di bawah ini menunjukkan perkembangan janin sesuai usia kandungan:

Janin usia Delapan Minggu

Seluruh organ tubuh utama bayi telah terbentuk meskipun belum berkembang sempurna. Mata dan telinga mulai terbentuk. Jantung berdetak kuat. Dengan ultrasound kita dapat melihat jantung janin berdenyut.

Janin usia Duabelas Minggu

Panjang janin sekarang sekitar 6,5 cm dan bobotnya sekitar 18 gram. Kepala bayi menjadi lebih bulat dan wajah telah terbentuk sepenuhnya. Jari-jari tangan dan kaki terbentuk dan kuku mulai tumbuh. Bayi mulai menggerak-gerakkan tungkai dan lengannya, tetapi ibu belum dapat merasakan gerakan-gerakan ini.

Janin usia Enambelas Minggu

Panjang janin sekarang sekitar 16 cm dan bobotnya sekitar 35 gram. Dengan bantuan scan, kita dapat melihat kepala dan tubuh bayi, kita juga dapat melihatnya bergerak-gerak. Ia menggerak-gerakkan seluruh tungkai dan lengannya, menendang dan menyepak. Inilah tahap paling awal di mana ibu dapat merasakan gerakan bayi. Rasanya seperti ada seekor kupu-kupu dalam perutmu. Tetapi, ibu tidak perlu khawatir jika belum dapat merasakan gerakan ini. Jika si bayi adalah anak pertama, biasanya ibu agak lebih lambat dalam merasakan gerakannya.

Janin usia Duapuluh Minggu

Bayi masih berenang-renang dalam lautan air ketuban. Ia tumbuh dengan pesat, baik dalam bobot maupun panjangnya yang sekarang telah mencapai 25 cm, yaitu separuh dari panjangnya ketika ia dilahirkan nanti dan bobotnya sudah sekitar 340 gram. Bayi membuat gerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu. Mungkin ibu memperhatikan ada saat-saat di mana bayi tampaknya tidur, dan saat-saat lain di mana ia melakukan banyak gerak.

Janin usia Duapuluh Empat Minggu

Sekarang panjang bayi sekitar 32 cm dan bobotnya 500 gram. Ibu dapat merasakan bagian-bagian tubuh bayi yang berbeda yang menyentuh dinding perutnya. Otot rahim ibu meregang dan terkadang ibu merasakan sakit di bagian perutnya.

Janin usia Tigapuluh Minggu

Kepala bayi sekarang sudah proporsional dengan tubuhnya. Ibu mungkin mengalami tekanan di bagian diafrakma dan perut. Sekarang bobot bayi sekitar 1700 gram dan panjangnya sekitar 40 cm.

Janin usia Tigapuluh Enam Minggu

Bayi sudah hampir sepenuhnya berkembang. Sewaktu-waktu ia dapat turun ke rongga pinggul ibu. Kulit bayi sudah halus sekarang dan tubuhnya montok. Apabila ia bangun, matanya terbuka dan ia dapat membedakan antara terang dan gelap. Sekarang panjang bayi sekitar 50 cm dan bobotnya berkisar antara 2500 hingga 4500 gram.

Janin usia Tigapuluh Tujuh hingga Empatpuluh Dua Minggu

Bayi siap lahir. Ibu tidak perlu khawatir jika bayinya tidak lahir tepat pada waktu yang telah diperkirakan. Persentasenya hanya 5% bayi lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Waktu yang telah lama dinanti hampir tiba dan si bayi akan segera melihat dunia. Sementara itu, rambut lanugo (= rambut badan) bayi telah lenyap meskipun mungkin masih ada yang tersisa di punggung dan dahinya. Sebagian bayi lahir agak terlalu cepat, sebagian lainnya agak sedikit terlambat, tetapi mereka sungguh lahir! Baiklah, selamat berbahagia dan bersukacita atas kelahiran si mungil di tengah-tengah kita!


NB:Duhai anak ku, usia kandungan ummi kalian sekarang menginjak 18 minggu. Jangan buat ummi kalian rewel yah, kasian tuh umminya sekarang sedang pusing dan eneg lagi (padahal kemarin udah gak). Daripada bikin ummi kalian pusing dan eneg mending kelitikin aja perut umminya atau tendang2 supaya kami senang melihat perkembangan kalian berdua di perut ummi. Nak, jika engkau sudah ditiupkan RUH kalian jadilah anak-anak yang soleh yah, berbakti sama kedua orang tua, selalu mendirikan shalat 5 waktu, taat pada perintah Alloh dan menjadi anak-anak yang cerdas serta berbudi pekerti luhur. Yaa Alloh lindungilah isteriku yang sedang hamil dan kedua anakku didalam kandungannya, sehatkanlah selalu mereka ketiganya, lancarkanlah proses kehamilannya hingga nanti menjelang kelahirannya. Yaa Alloh, terima kasih atas karunia dan rezeki yang Engkau berikan kepada kami berupa keturunan yang baik. Rabbanna Hablaana Min Azwaajina Waa Dzuriyatina Qurratta ‘Ayyun Waj’alna Lil Muttaqiina Immaammaa….Rabbi Hablii Minna Shoolihiin…Rabbi Habli Minna Sholati Waa Min Dzuriyaati….Amin Yaa Rabbal’ alamiin

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s